Wednesday, May 8, 2013

Pohon-pohon yang Disukai Burung

                                       



Burung Punai gading menikmati buah talok di sekitaran Tugu Monas-Jakarta @Khaleb Y













Musim penghujan segera tiba, saatnya berburu bibit untuk ditanam. Bagi yang tertarik untuk mengundang burung-burung datang ke halaman rumah, beberapa jenis tanaman berikut wajib masuk daftar pencarian.

Burung Kutilang, Trocokan, Cabe jawa, bahkan Punai gading sangat menyukai buah berbagai jenis pohon beringin (Ficus spp.), cerry /kersen/ talok (Muntingia calabura), Salam (Syzygium polyanthum), Buni/wuni (Antidesma bunius), buah benalu (Loranthus spp.) yang biasa kita temukan pada pohon Langsat, Mangga, Duwet / Jamblang, dan jambu air.

Burung madu sriganti menikmati nektar bunga kupu-kupu

Berbagai jenis burung madu, seperti burung madu Sriganti dan Burung madu kelapa; juga burung- burung dengan kicauan merdu di pagi hari seperti Prenjak jawa, Cinenen sangat menyukai bunga pohon Randu alas (Bombax malabaricum), berbagai jenis Dadap (Erythrina spp.), Turi (Sesbania grandiflora), Janti (Sesbania sesban), Kaliandra (Caliandra calothyrsus), Pohon Kupu-kupu (Bauhinia variegate), dan bahkan hampir semua jenis tanaman yang memiliki bunga berbentuk terompet, teruma yang berwarna merah, kuning, dan biru.

Pohon Nangka, Sirsat, Sengon, Gamal (Gliricidia sepium), Kenanga (Cananga odorata), dan Kembang Kecrutan (Spathodea campanulata) mengundang berbagai jenis serangga yang digemari burung-burung pemakan serangga seperti berbagai jenis burung Kacamata, Kerak kerbau, Cipoh kacat / cipow / Sirtu, dan Gelatik batu.

Tentunya akan jauh lebih menyenangkan jika burung-burung ini tidak hanya singgah, namun dapat bersarang di halaman rumah kita atau halaman kantor tempat kita bekerja. Beberapa pohon seperti Aren dan Cemara dikenal sebagai penyedia material sarang, terutama untuk jenis-jenis burung seperti Anis merah, Kacer / Kucica kampung, Sulingan/ Sikatan cacing, dan Gelatik jawa. Sementara berbagai jenis rumput, berbagai jenis pohon palem termasuk kelapa, dan pisang-pisangan, sering dimanfaatkan oleh jenis-jenis burung bondol / pipit, Tekukur, dan Perkutut untuk materi sarang. Pohon Asem, Tanjung, Sawo kecik, durian, dan berbagai jenis bambu sangat cocok untuk tempat berlindung dan menempatkan sarang.

Berbagi makanan dan ruang hidup selalu menyenangkan...

Jadi mau pilih nanam apa? Selain jenis, faktor luas lahan, keberadaan kabel listrik, kabel telpon, dan manfaat tambahan lain seperti penyedia buah-buahan dan keindahan penampilan halaman rumah perlu kita perhitungkan. Selamat menanam, merawat, dan tiga sampai empat tahun mendatang alam semesta akan melantunkan ucapan syukur dan trimakasih dengan kicauan merdu setiap pagi dan sore hari.

http://www.kutilang.or.id/burung/konservasi/pohon-pohon-yang-disukai-burung/

No comments:

Post a Comment